Sabtu, 01 Agustus 2009

Catatan Perjalanan Ke Pangandaran

Tulisan ini aku ambil dari note FB nya Sauma, Aku rasa sangat mewakili kebersamaan kami waktu itu, minimal membaca pengalamanku daru sudut pandang orang lain^^ Selamat Membaca...

Whoa..teriknya!! awas gosong!!haha..

Siang ni ak n tmen2(david, aidil,arin, huda,kautsar) lg dpantai batu karas..
Pantai ini skitar 1jam dr pantai pangandaran,
Pasirny memang ga putih,tp kanan kiriny d apit batu2 karang yg bgs bgt,dtambah pmandangan laut biru thampar..

Pantai ini adlh slh1 swimming area d jajaran pantai pangandaran dan terkenal bwt surfing..

Sbnerny pg ni qt bniat mw lgs menyusuri 'cukang taneuh' ato lbh tknal dgn 'greencanyon' tp tnyt kalo hr jumat bgni br dbuka stlah slt jumat..

Akirny terdamparlah kami2 ini d sni,.

Walopun panas2 gni,kami tetep semangat foto2 dan main air..
Aidil lgs blajar surfing..

Dan yah pas menjelang slt jumat kykny dh lmayan lancaR main surfingny..

Slsai brenang2,qt bli es Klapa muda yg MAKNYUSS bgt..

Skrg qt mw menuju k grèen canyon..

yup,, setelah dari batu karas kita kembali menuju 'greencanyon' ato 'cukang taneuh' sebutan dari penduduk setempat..

disana sudah ditunggu dan dibelikan tiket u/ naik perahu sama alyne, mas migi, dan mas dian(kakanya mas migi) dan istrinya teh rina.. makasi ya...hehe

*o iya,, mas dian dan mb.rina ini yang udah nyariin kita tempat nginep yang murah meriah tapi nyaman bgt... makasi ya mas, teh..

jadi dgreen canyon ini qt menyusuri sungai yang dikanan kirinya seperti tebing..air sungainya berwarna hijau..makanya dsbut green...sekitar 5 menit perjalanan menggunakan perahu,, kita mulai melihat pemandangan yang luar biasa..
dari tebing2 tanah tersebut air berjatuhan dari stalaktit...dan akar2 pohon..kami terdiam melihat pemandangan yang sangat indah ini...

tak berapa jauh,, terlihat banyak sekali kapal2 yang mengantri unutk mendekat ksebuah batu besar..ternyata inilah akhir perjalanan menggunakan perahu...

pemandu kapal kami menawarkan pada kami jika ingin melanjutkan berenang,, harus menambah sewa kapal 100rb.. dan akhirnya kami memutuskan unutk berenag menggunakan pelampung...

berenang dsni beda banget sama dkolam renang.. karna dsni harus melawan arus yang deras,, ditambah berhati2 dengan karang2 yang ada..tp disatu sisi karang itu juga membantu kita bwt pegangan..

pertama masuk k air.. yang ternyata cukup dalam.. kautsar langsung panik karna dia ga bs brenang.. stelah berusaha qt jelaskan kalo dy teang pasti ngambang akirnmya dy sdikit tenang.. tp teteup.. ga bs maju2...hahaha...

ak, david, arin, aidil, huda, kautsar terpisah dgn alyne dan mas migi karna qt beda kapal,, jd bda pemandu jg.. nah kyknya mereka berenang ga terlalu jauh.. kelompokku berenang sampai akirnya di satu titik,pemandunya bilang..

"a', teh biasanya kita kalo bawa orang cuma sampe sini.. tapi kalo aa' sm teteh mw qt bs terus ksana, nti bs terjun dari tebing cuma karna arusnya deres bgt jd kita ksananya manjat tebing2 ini,, gimana? mau ga??"

setelah berunding karna medannya memang terlihat bahaya bgt dan kita bakal manjat tebing tanpa pengaman apapun,, sedangkan kalau jatuh itu disungai ga cuma arus deras yang menyambut,, tp juga batu2 karang yg tajam2... akirnya semua pada mw lanjut kecuali kautsar..

yah memang ga cuma keberanian yg dbutuhkan tetapi juga harus ukur kemampuan..dari pada ada apa2 juga repot..

walaupun pemandangan dsni sudah dapat membayar semua kelelahan qt smua berjam2 djalan (ternyata pemandangan di depan td blm ada apa2nya dibanding dsni)..tp kami merasa nanggung juga dh dsni masa ga sampe tuntas..

akirnya tinggal kami ber5 yang tersisa..aidil paling depan menyusuri tebing,,disusul arin, david, aku, terakir huda..

arin dan aidil sempet kpleset juga.. dan memberi oleh2 lecet2..(makanya ati2 rin..jgn pencilakan..)

kami sampai di akir tebing dan harus berenang kembali melawan arus..aa' pemandu pertama memberi contoh berhasil dengan mudah.. aidil juga berhasi dengan mudah.. tiba giliran arin..

lompatan pertama.. terbawa arus yang mengambalikan dy k titik ak david dan huda mengantri..

lompatan kedua kebawa arus lg..(ckckck,, padal dh hampir kena tangan aa'nya..berasa nonton film india yang cinta ga ksampean gt,,hehehe)

lompatan ketiga akirnya ak mengusulkan arin melempar badan ketengah sungai yg arah alirannya ke tempatr aidil berdiri.. dan YIPPIE!! berhasil!! selamat ya rin.. hehehe...

ak, david, n huda melakukan hal yg sama..

dan ketika itu juga kami melihat pelangi berada di atas batu yang dekeeeett banget.. hasil dari tetesan air tersebut dan sinar matahari yg menerobos diantara tebing dan dedaunan.. subhanallah bgt pokonya.. tapi tujuan kita bukan ke batu itu kita naik lagi menuju batu besar.. ternyata inilah akhir tujuan kita.. kami berfoto2 dsni..

(jangan ditanya gmana qt bw kamera ksini,, karna qt ga bs.. tp si aa' pemandu yang kami nobatkan menjadi guru besar sibolang bs berenang 1 tangan melawan arus dan memanjat tebing..untuk menyelamatkan nyawa kamerannya arin)..

pkonya kami ga bisa berkata2 selain WHAAAWWW!!!SUBHANALLAH!!
kita bner2 disuguhkan pemandangan yang lain dari biasanya..kyk masuk kesbuah dunia yang lain,, pemandangan yang sangat alami..indah.. kyknya rasanya qt ga akan heran kalo tiba2 liat dinosaurus dstu..(jelas ga heran,,tp takut) hoho..

nah pas kami lg foto2.. aidil blg sm aa'nya dy mw manjat batu gde 1 lg.. karna bgs bwt foto.. dh dbilangin sm aa'nya jangan a' susah lo turunnya.. eh si aidil bolang qt satu itu ngayel... puas foto2 dsana,, dy bner2 hampir ga bs turun..panik jg dy rupanya.. karna dbwhnya batu besar2.. kalo salah langkah,, remuk smua tulang kita ni..

kalo kata david bagus dbkin episode "KETIKA BOLANG TIDAK BERANI TURUN.."
hehhe..

tp akirnya sesuai pengarahan dr aa' pemandu aidil berhasil turun dengan selamat..

selesai berfoto ria,, kami kembali.. perjalanan pulang k perahu tidak sesulit perginya karna kita tinggal mengikuti arus dan berhati2 agar tidak menabrak batu..

akirnya sampai dibatu pertama kita turun di perahu..

nah pas arin naik k batu itu.. ada rombongan wisata lain yang lg foto2.. tiba2 arin dengan pede dan tanpa rasa bersalah ikutan nyembulin kepala dan senyum lebar bgt.. sampe stelah foto bapak2 dirombongan wisata itu ngeliatin arin dengan terheran2.. (dlm otaknya pasti dh mikir..kyknya gw ga punya anak kyk gni,, ko ikutan foto keluarga gw ya???)hahaa.. terus kutambah skalian dgn blg k bpk itu..

"maaf ya pak.. tmen saya ini emang suka kyk gni" dan muka bapaknya makin heran melihat dua makhluk basah kuyup yang setengah gila ini.. akirnya bpknya cuma nanya.. abis brenang kesanan?? breapa lama??
kami jawab
2 jam..
trus bapaknya blg "wah kita kalo berenang mah pulang malem.." bis itu bpknya lgs pergi..

hahaha..
(maap ya pak numpang foto tmen saya 1,, jgn dsantet kalo dipelet mah boleh..)hehehehe

setelah itu berbasah ria beralaskan plastik dmobil.. kami kembali dhotel biar langsung bs mandi bersih stlah sharian jadi bolang..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar